AllBestEssays.com - All Best Essays, Term Papers and Book Report
Search

Analisis Swot Hp-Compaq

Essay by   •  March 1, 2012  •  Case Study  •  391 Words (2 Pages)  •  3,071 Views

Essay Preview: Analisis Swot Hp-Compaq

Report this essay
Page 1 of 2

ANALISIS SWOT HP-COMPAQ

Strength

Setelah HP melakukan merger dengan Compaq, perusahaan tersebut mnjadi perusahaan computer hardware terbesar di dunia. Menjadi perusahaan besar membuat HP dapat menguasai pasar printer baik laser maupun inkjet. Selain itu perusahaan juga menjadi sangat besar dengan beroperasi lebih dari 170 negara di dunia. HP juga menjadi perusahaan printer terbesar di dunia. Hal tersebut ditunjukkan adanya kenaikan penjualan pada tahun 2002 dan 2003 serta peningkatan market share yang cukup fantastis diatas pesaingnya yaitu: IBM dan Dell-Computer. Peningkatan penjualan dan market share sejalan dengan keberagaman jumlah produk yang dihasilkan dengan harga yang relatif terjangkau sehingga dapat terus survive karena banyaknya permintaan dari konsumen. Dengan adanya merger ini, HP-Compaq dapat menghemat biaya seperti biaya produksi, biaya pemasaran, dan lain sebagainya.

Weakness

* Merger yang dilakukan HP dan Compaq akan berakibat pada overlapping management dan overlapping product lines. Overlapping management dapat terjadi karena posisi manajemen serta jumlah karyawan perusahaan yang terlalu banyak tanpa adanya pengurangan karyawan membuat satu pekerjaan ditangani pleh beberapa karyawan. Hal ini juga akan berakibat pada proses pengambilan keputusan perusahaan yang lama, atau bahkan keputusan diambil tanpa adanya persetujuan dari pihak lain. Overlapping management juga dapat mengakibatkan konflik internal antar karyawan.

* Selain mengakibatkan overlapping management, juga berakibat pada overlapping product lines karena perusahaan mempunyai lini berbeda untuk satu produk. Hal ini menyebabkan pemborosan pada operasi perusahaan.

* Meskipun perusahaan mengalami peningkatan penjualan dan market share, namu peningkatan tersbut tidak beriringan ndengan peningkatan laba bersih. Laba bersih perusahaan justru mengalami penurunan pada tahun 2003, bahkan pada tahu 2002 mengalami kerugian sebesar $0.9 billion.

Opportunities

* Pada dasarnya HP merupakan perusahaan mempunyai basis R & D yang cukup kuat sedangkan Compaq berorientasi pada cost reduction agar dapat menghemat biaya yang dikeluarkan sehingga dapat memberikan harga terjangkau kepada konsumen. Dengan adanya dua kekuatan tersebut, apabila dielaborasikan dan terintegrasi dengan baik, maka HP-Compaq akan menjadi perusahaan yang tangguh.

* Dengan adanya penggabungan dua perusahaan membuat HP-Compaq lebih banyak melakukan inovasi disbanding dengan perusahaan lainnya.

Threats

Meskipun merger HP-Compaq dapat dikatakan sukses karena mampu menjadi perusahaan komputer terbesar sedunia, namun banyak tantangan yang harus dihadapi, antara lain:

* Penggabungan dua perusahaan berbeda pasti memiliki budaya perusahaan yang berbeda pula. Perbedaaan

...

...

Download as:   txt (3.1 Kb)   pdf (61.1 Kb)   docx (9.7 Kb)  
Continue for 1 more page »
Only available on AllBestEssays.com